Tanamkan Diri Anda Terhadap PR Buruk

 Apa itu PR yang buruk?  

Nah, jika Anda seorang manajer bisnis, nirlaba, atau asosiasi, PR yang buruk tidak melakukan hal positif tentang perilaku audiens luar penting Anda yang paling memengaruhi operasi Anda.  

Gagal menciptakan perubahan perilaku pemangku kepentingan eksternal yang mengarah langsung ke pencapaian tujuan manajerial Anda.  

Dan itu tidak pernah membujuk orang-orang luar kunci itu ke cara berpikir Anda, atau memindahkan mereka untuk mengambil tindakan yang memungkinkan departemen, divisi, atau anak perusahaan Anda berhasil.  

PR yang baik, di sisi lain, benar-benar BISA mengubah persepsi individu dan mengarah pada perubahan perilaku yang Anda butuhkan. Namun, pada saat yang sama, diperlukan lebih dari sekadar acara khusus, brosur, dan rilis berita jika Anda benar-benar ingin mendapatkan nilai uang PR Anda.  

Inokulasi Anda terhadap PR yang buruk adalah premis yang mendasari hubungan masyarakat, dan ini dia: orang bertindak berdasarkan persepsi mereka sendiri tentang fakta-fakta di hadapan mereka, yang mengarah pada perilaku yang dapat diprediksi tentang sesuatu yang dapat dilakukan. Ketika kita menciptakan, mengubah, atau memperkuat pendapat itu dengan menjangkau, membujuk, dan bergerak ke tindakan yang diinginkan, orang-orang yang perilakunya paling memengaruhi organisasi, misi hubungan masyarakat tercapai.  

Anda mungkin terkejut bahwa PR yang baik dapat menghasilkan hasil seperti prospek mulai bekerja dengan Anda; pelanggan melakukan pembelian berulang; hubungan yang lebih kuat dengan komunitas pendidikan, tenaga kerja, keuangan dan kesehatan; peningkatan hubungan dengan lembaga pemerintah dan badan legislatif, dan bahkan pemberi modal atau sumber yang menentukan mencari jalan Anda  

Saat upaya mendapatkan momentum, Anda juga dapat melihat hasil seperti proposal baru untuk aliansi strategis dan usaha patungan; rebound dalam kunjungan showroom; aplikasi keanggotaan meningkat; layanan masyarakat dan peluang sponsor; meningkatkan hubungan kelompok aktivis, dan memperluas saluran umpan balik, belum lagi thinkleader baru dan kontak acara khusus.  

Betapa pentingnya audiens luar Anda yang paling penting benar-benar memahami operasi, produk, atau layanan Anda secara positif? Vital memang, jadi yakinkan diri Anda bahwa staf PR Anda telah membeli seluruh upaya. Berhati-hatilah karena mereka menerima kenyataan bahwa persepsi hampir selalu mengarah pada perilaku yang dapat membantu atau melukai unit Anda.  

Luangkan waktu untuk meninjau cetak biru PR secara terperinci dengan staf Anda, terutama bagaimana Anda akan mengumpulkan dan memantau masalah dengan menanyai anggota audiens luar Anda yang paling penting. Pertanyaan seperti ini: seberapa banyak yang Anda ketahui tentang organisasi kami? Seberapa banyak yang Anda ketahui tentang layanan atau produk dan karyawan kami? Pernahkah Anda melakukan kontak sebelumnya dengan kami dan apakah Anda senang dengan pertukaran? Pernahkah Anda mengalami masalah dengan orang atau prosedur kami?  

Fase pemantauan persepsi program Anda jelas dapat ditangani oleh orang-orang survei profesional, JIKA anggaran tersedia. Tetapi selalu ingat bahwa orang-orang PR Anda juga berada dalam bisnis persepsi dan perilaku dan dapat mengejar tujuan yang sama: mengidentifikasi ketidakbenaran, asumsi yang salah, rumor yang tidak berdasar, ketidakakuratan, kesalahpahaman, dan persepsi negatif lainnya yang mungkin diterjemahkan ke dalam perilaku yang menyakitkan.  

Sekarang, mari kita bicara tentang tujuan hubungan masyarakat Anda. Anda membutuhkan satu yang berbicara tentang penyimpangan yang muncul selama pemantauan persepsi audiens utama Anda. Kemungkinan besar, itu akan menyerukan untuk meluruskan kesalahpahaman berbahaya itu, atau memperbaiki ketidakakuratan kotor itu, atau melakukan sesuatu tentang rumor yang merusak itu.  

Realitas hubungan masyarakat adalah bahwa tujuan membutuhkan strategi untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana menuju ke sana. Dan juga bahwa Anda hanya memiliki tiga pilihan strategis dalam hal menangani persepsi atau tantangan pendapat: menciptakan persepsi di mana mungkin tidak ada, mengubah persepsi, atau memperkuatnya. Sayangnya, pilihan strategi yang buruk akan terasa seperti es krim pada daging kornet dan kubis Anda, jadi pastikan strategi baru cocok dengan tujuan hubungan masyarakat baru Anda. Misalnya, Anda tidak ingin memilih "perubahan" ketika fakta menentukan strategi "paksa ulang".  

Tim PR Anda harus membuat bahasa korektif yang tepat. Membujuk audiens dengan cara berpikir Anda adalah kerja keras yang luar biasa, jadi kami mencari kata-kata yang menarik, persuasif dan dapat dipercaya DAN jelas dan faktual. Anda harus melakukan ini jika Anda ingin mengoreksi persepsi dengan mengubah pendapat ke sudut pandang Anda, yang mengarah ke perilaku yang diinginkan.  

Di sini Anda harus memilih taktik komunikasi yang paling mungkin membawa kata-kata Anda menjadi perhatian audiens target Anda. Bertemu lagi dengan spesialis komunikasi Anda dan tinjau pesan Anda untuk dampak dan persuasif. Anda dapat memilih dari puluhan taktik yang tersedia. Dari pidato, tur fasilitas, email dan brosur hingga briefing konsumen, wawancara media, buletin, pertemuan pribadi dan banyak lainnya. Pastikan saja taktik yang Anda pilih diketahui menjangkau orang-orang seperti halnya anggota audiens Anda.  

Apa itu PR yang buruk?  

Nah, jika Anda seorang manajer bisnis, nirlaba, atau asosiasi, PR yang buruk tidak melakukan hal positif tentang perilaku audiens luar penting Anda yang paling memengaruhi operasi Anda.  

Gagal menciptakan perubahan perilaku pemangku kepentingan eksternal yang mengarah langsung ke pencapaian tujuan manajerial Anda.  

Dan itu tidak pernah membujuk orang-orang luar kunci itu ke cara berpikir Anda, atau memindahkan mereka untuk mengambil tindakan yang memungkinkan departemen, divisi, atau anak perusahaan Anda berhasil.